TUGAS
EKONOMI MANAJERIAL
KAOS
SABLON
NAMA :Fitri
Ryzma Paramita
NIM :
2015020196
KELAS : Manajemen A3 Semester V
FAKULTAS
EKONOMI
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS
ISLAM BATIK
SURAKARTA
2017
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Bisnis
merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa untuk mendapatkan laba yang
tinggi. Kebanyakan orang lebih memilih berbisnis dari pada menjadi pegawai, dikarenakan berbisnis mempunyai banyak ke untungan dan omset
yang lebih banyak dari gaji pegawai pabrik umumnya. Kita dapat jumpai pula
banyak pegawai pabrikan maupun pegawai negeri sipil yang mempunyai sampingan
bisnis di rumahnya. Bisnis sablon pakaian adalah salah satu bisnis yang
menjanjikan segi keuntungan laba dari bisnis yang lain.
Pakaian
bersablon kini menjadi trend di lingkungan kita saat ini, sekarang banyak kita
jumpai masyarakat memakai pakaian bersablon (kaos bersablon bola/baju baju
bersablon band), dari anak – anak, remaja, pria dan wanita. Kita dapat
menemui pengguna pakaian bersablon di rumah, kantor, sekolahan dan tempat
umum lainya. Dengan sablon kaos kita bebas berekspresi dalam memilih desain
atau gambar yang dikehendaki buat kemudian ditempel pada pakaian yang dipilih.
Kita dapat memilih desain yang unik, lucu, langka,mendesain gambar sendiri atau dapat juga memasang "muka" kita
dipakaian kesayangan.
Kita memakai
produk ini karena Hampir semua produk yang bergambar ataupun bertuliskan sudah
pastinya melakukan penyablonan pada produk tersebut, maka usaha sablon pun
menjadi melonjak. Apalagi sablon pada produk berupa pakian, terutama
kaos.Banyak yang berpendapat pakaian bersablon gamabr itu menggambarkan
ekspresi atau gaya yang lebih menarik, bagus dan unik. Pakaian bersablon
mempunyai banyak kelebihan dari segi model yang banyak bebagai macamnya, dari
segi warna pakaian bersablon bisa mengekspresikan gambar apa yang kita sukai,
kita juga dapat mengkombinasikan beberapa gambar dalam satu kaos polos yg kita
pakai. Saat ini untuk memesan pakaian yang bersablon juga sangat mudah, karena
banyak konveksi baju mampu untuk membuat baju kaos polos dengan model yang kita
inginkan, dalam jumlah banyak atau satuan.
Selain itu, bisnis ini memiliki
pangsa pasar yang sangat luas karena trend dan mode yang sangat dinamis yang
terus up-to-date untuk mengikuti perkembangan jaman. Dengan demikian, melihat
pertumbuhan manusia semakin meningkat dan pastinya kebutuhan gaya dan tren
model akan pakaianpun juga meningkat. Bisnis ini sangat menjanjikan untuk
menjadi usaha yang sukses. Apalagi semakin banyak manusia maka semakin banyak
akan membutuhkan pakaian.
Secara umumnya
menyablon pakaian terdapat dua cara yang dapat dilakukan. Pertama ialah dengan
melakukan sablon manual, yakni menyablon dengan menggunakan bahan kimia,
seperti cetak foto pada zaman dulu. Kedua, dengan menggunakan sablon digital,
yakni menggunakan mesin khusus yang bisa menghantarkan panas.
Dalam bisnis
ini kami memilih sablon digital untuk usaha kami, mengapa kami memilih
menggunakan sablon digital dari pada sablon manual? Walaupun setiap metode
memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing, kami lebih memilih sablon
digital karena penyablonan dengan digital tak banyak alat yang dibutuhkan tidak
seperti halnya penyambolan secara manual. Alat yang dibutuhkan hanya komputer
dan mesin printing yang dirancang secara spesifik buat penyablonan. dari segi
kecepatan, hasil penyablonan akan lebih cepat jika kita menggunakan teknik
digital dibandingkan dengan sablon manual. Sementara itu, penyablonan secara manual
memerlukan waktu nan lumayan lama bila mendapatkan objek sablon yang
membutuhkan majemuk rona dan kerumitan gambar. Untuk mendapatkan hasil sablon
yang baik, penyablonan harus dilakukan dengan menganti film sablon sinkron
dengan detail-detail gambar dan rona yang diinginkan.Sedangkan dengan
menggunakan printer digital, penyablonan dapat dilakukan tanpa harus mengganti
printer tersebut sebab memang mesin itu dirancang buat melakukan penyablonan.
Akan tetapi, mungkin dari segi ketahanan dan kekuatan tinta/gambar, hasil
sablon akan lebih unggul jika menggunakan teknik sablon secara manual.
Namun
kebanyakan pelanggan lebih memilih kecepatan jadi produk. Walaupun kualitas
sablon manual lebih tahan lama, namun kualitas sablon digital cukup baik dan
cukup memuaskan para pelanggan karena walaupun design yang diinginkan pelanggan
sangat rumit, tpi dengan sablon digital akan mempermudah serta sangat cepat
dalam menyablon pakaian para pelanggan.
1.2 Rumusan masalah :
1.
Bagaimana cara pembuatan deskripsi usulan bisnis sablon baju?
2.
Bagaimana cara mengetahui perkiraan lingkungan bisnis di bidang sablon?
3.
Bagaimana perencanaan pemasaran di bidang bisnis sablon?
1.3 Tujuan Peneliti :
1.
Mengetahui caranya deskripsi usulan bisnis.
2.
Mengetahui perkiraan lingkungan di bidang sablon.
3.
Mengetahui perencanaan pemasaran di bidang sablon.
BAB II
PEMBAHASAN MASALAH
2.1 Deskripsi Usulan
Bisnis
Perkembangan bisnis fashion yang
ditandai dengan maraknya pertumbuhan factory outlet maupun usaha distro di
seluruh penjuru nusantara, ternyata menjadi salah satu pemicu meningkatnya
permintaan jasa sablon di kalangan masyarakat. Ramainya permintaan pasar dan
besarnya prospek bisnis yang dijanjikan, membuat sebagian besar orang mulai
tertarik menekuni usaha sablon, baik itu sablon manual ataupun dengan
menggunakan sistem sablon digital yang belakangan ini mulai diperkenalkan para
pelaku usaha.
Dalam menjalankan bisnis usaha
sablon kaos, bisa dikatakan target pasar yang bisa di bidik tidak terbatas.
Mulai dari konsumen individu yang ingin membuat kaos satuan dengan desain yang
tidak pasaran, menerima pesanan massal seperti untuk seragam perusahaan,
seragam panitia acara tertentu, seragam organisasi tertentu (unit kegiatan
mahasiswa, karang taruna, remaja masjid, dan lain sebagainya), serta bisa juga
menjalin kerjasama dengan para pelaku bisnis distro untuk mensuplay produk kaos
unik di lapak dagang yang mereka miliki.
2.2 Perkiraan Lingkungan Bisnis
Dalam perencanaan pembuatan bisnis
sablon kaos, harus melihat detail dalam
lingkungan bisnis tersebut. Karena lingkungan ini mempengaruhi penjualan serta
salah satu faktor ekstrenal yang mempengaruhi bisnis sablon ini.
2.2. 1. Lingkungan Ekonomi
Mengingat perekonomian di indonesia
sekarang ini masih
dalam keadaan tidak stabil dan masih
banyak pengangguran, untuk memulai suatu usaha di bidang sablon akan banyak
yang akan di hadapi, seperti rendahnya tingkat pembeli,keuntungan yang kurang
memuaskan,penipuan,pembatalan pemesana,rugi bahan dan alat. Selain itu, bisnis yang akan di
jalankan ini sangat bermanfaat bagi orang lain, karena dalam bisnis ini akan
membutuhkan banyak karyawan.jadi
bisnis yang akan di jalankan ini sangat membantu pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia ini.
2.2.2
Lingkungan Indrustri
Bisnis yang akan dijalankan ini
tentunya memberi peluang keuntungan bagi mahasiswa dan masyarakat umum karena
bias untuk pekerjaan utama yang menghasilkan untuk kebutuhan
poko dan atau juga sebagai uang tambahan untuk biaya kuliah untuk para
mahasiswa
2.2.3. Lingkungan Global
Dalam
bisnis sablon yang makin meluas ini tentunya akan mampu bersaing dengan jasa
sablon lainnya. Dan untuk mengembangkan bisnis lebih maju harus ada kerja sama partner bisnis dengan pihak asing dari
negara lain untuk menambah sektor pasar di negara lain atau di sebut go internasioal
2.3 Rencana Pemasaran
Rencana pemasaran ini sangat di perlukan
untuk memungkinkan kelancarnya memulai suatu bisnis
serta menyangkut tentang cara menyebarnya suatu produk terutama pada bisnis
sablon ini kepada masyarakat luas
2.3.1 Target Pasar
Jasa
sablon ini ini
tentunya ditargetkan untuk kalangan para remaja,kalangan masyarakat umum,dan
bias sampai ke dalam pemerintahan seperti contoh kaos untuk kampanye dan target pasar ini akan
mengikuti tren pasar masa kini.
2.3.2 Karaktristik Pasar
Menghasilkan
Produk yang akan di buat oleh si
pembuat motif yang nantinya tidak akan sama dengan
produk/motif lainnya dan akan dibuat seunik mungkin dengan detail sablon yang
rapi,awet,dan tidak memplagiat motif atau merk lainnya
2.3.3 Penetuan Harga
Penentuan
harga tergantung dari bahan dan model
baju yang di sablon. Misalnya untuk sablon satu kaos di hargai mulai
dari Rp50rb
hingga Rp60ribu
2.3.4 Promosi
Untuk
mempromosi kan produk ini dapat melalui berbagai link seperti teman,sahabat,saudara,media
elektronik,sosial media,web/blog
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Sebelum membangun sebuah usaha
tentunya banyak hal yang harus di perhatikan.
Untuk mengembangkan usaha, langkah awalnya harus menganalisis kondisi lingkungan bisnis
sekitar sebagai
contohnya : Lingkungan Ekonomi,
Lingkungan Indrustri, Lingkungan Global. Jika mengetahui lingkungan bisnis tersebut kita mengetahui kelebihan
dan kekurangan serta hambatan dari setiap lingkungan tersebut.
Setelah melihat dari kondisi lingkungan,
membuat rencana pemasaran serapi dan sematang matangnya dengan cara melihat
dari target
pasar yang akan dituju, karakteristik pasarnya,kemudian menentukan harga produknya
dan kemudian membuat promosi produk atau barang yang akan di jual.
Rencana pemasaran ini bertujuan
untuk memperkenalkan produk tersebut agar dapat di terima di lingkungan
masyarakat umum.
1xbet korean betting sites, Sports betting with 1xbet
BalasHapus1xbet korean betting 1xbet sites, Sports betting with 1xbet, Sports betting with 1xbet, Sports betting with 1xbet, Sports betting 바카라 with 1xbet, Sports betting 메리트 카지노 주소 with
Lucky Club Casino Site | Casino's Newest Bonus & Promos
BalasHapusLucky Club Casino gives you all the fun and excitement you want for online casino games and promotions. Sign 카지노사이트luckclub up and start winning today!